Lomba Blog 2nd Anniversary Dot Semarang - Kota Lama Semarang

by - Thursday, March 29, 2012

- Wisata Impian - Dot Semarang -

Written by : Aldila Firamdania



Aset yang dimiliki kota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah untuk bidang pariwisata sangatlah besar. Satu yang menjadi sorotan saya adalah Kota Lama. Kota Lama Semarang yang berada di sekitaran pasar Johar menurut saya kurang diperhatikan, padahal apabila pemerintah mau menonjolkan sisi sejarah dari Kota Lama tersebut, tentu kunjungan wisata Semarang ke Kota Lama akan bertambah. Coba kita tengok Kota Tua yang ada di Jakarta, dengan icon pusat yaitu Museum Fatahillah. Mengapa Kota Lama Semarang tidak bisa dibuat seperti Kota Lama yang terdapat di Jakarta? Mungkin kendala terbesar dari daerah Kota Lama Semarang adalah rob/banjir yang selalu datang di setiap periode tertentu, namun hal itu tidak akan terjadi jika sejak dulu pemerintah memperhatikan kondisi jalan dan topografi. Kekurangan yang ditangani lebih awal tentu akan mengurangi dampaknya untuk masa mendatang.

Saya sering berjalan-jalan mengintari daerah Kota Lama, melihat puluhan gedung – gedung yang tidak terurus, tidak terpakai dan kotor, serta melihat  lorong – lorong jalan yang dijadikan ‘rumah’ oleh para tuna wisma. Selain tidak sedap dipandang mata, kawasan Kota Lama Semarang juga rawan akan tindak kriminalitas. Padahal jika kita telusuri dengan baik, dengan kondisi ‘seperti itu’ saja kawasan Kota Lama Semarang sering dijadikan setting pemotretan suatu event tertentu yang dapat mengundang banyak pengunjung. Tidakkah terpikir oleh kita manfaat lebih besar apakah jika penampilan Kota Lama dipercantik lagi?

Banyak gedung – gedung tua yang bernilai sejarah tinggi yang dapat dimanfaatkan sebagai pusat perkantoran, instansi, restaurant khas kuliner Kota Semarang atau Eropa, pertokoan, pusat oleh – oleh, dan lain sebagainya. Lorong – lorong antar gedung biasa digunakan sebagai ‘rumah’ oleh tuna wisma, bisa disulap menjadi pedestrian untuk para pejalan kaki, sehingga wisatawan dapat menikmati lebih dekat lagi detail dari Kota Lama Semarang tanpa mengendarai kendaraan bermotor. Selain itu, tindak kriminalitas otomatis juga akan berkurang. Akan sangat menyenangkan jika gedung – gedung peninggalan penjajah berciri khas Eropa ini dapat dimanfaatkan, dan dirawat untuk anak cucu kita kelak.  Menonjolkan space – space tertentu sebagai icon Kota Lama Semarang juga menjadi factor penting dari tempat wisata Kota Lama. Alangkah menyenangkan jika Semarang memiliki sisi sejarah yang dijunjung tinggi oleh pemerintahnya, menampilkan sebagian kecil sisi ‘Eropa’ dari peninggalan sejarah dimasa lampau, untuk dikagumi, dinikmati, dan dijaga :)


You May Also Like

1 comments

  1. Kontes SEO BERLANGSUNG !!

    Total Hadiah 30 Juta Rupiah

    BDdomino.net Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker BdDomino
    Tanggal : 17 Juli 2017 sampai 2 Oktober 2017

    Selengkapnya : http://bddomino.org/kontesseo/index.html

    Tunjukan Kalau Kalian MASTERNYA SEO !!
    Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    http://judibandarqsakong.com/
    http://judibandarqsakong.com/bandarq-agen-sakong-judi-aduq-capsa-bandar-poker-bddomino/
    http://duniajudikuindonesia.blogspot.com
    http://duniajudikuindonesia.blogspot.com/2017/07/bandarq-agen-sakong-judi-aduq-capsa.html
    BandarQ Online
    Sakong Online

    ReplyDelete